images

5 Makanan yang Dipercaya Dapat Mengatasi Maag


KFTD- Seseorang yang menderita maag akan sering mengalami nyeri ulu hati, mual, perut kembung, hingga sendawa. Tahukah Anda apa saja yang sebaiknya dikonsumsi para penderita maag?

Makanan Penurun Asam Lambung

Perlu diketahui, makanan di bawah ini tidak dapat mengatasi maag jika tidak dibarengi dengan pola makan yang sehat.

1. Jahe


Jahe merupakan anti-inflamasi yang dipercaya dapat mengobati asam lambung maupun masalah pencernaan lainnya.
Cara mudah mengonsumsi jahe adalah, parut jahe di menu makanan sehari-hari. Hal ini untuk menyamarkan rasa pedas jahe yang sebenarnya.

2. Oatmeal

Oatmeal ternyata mampu membantu menyerap kelebihan asam di dalam lambung. Selain itu juga berfungsi membantu melindungi lapisan lambung dari risiko iritasi akibat asam lambung yang meningkat.

Oatmeal juga dapat melancarkan cara kerja usus, mengurangi risiko sembelit, dan mampu memberikan rasa kenyang lebih lama.

3. Melon

Melon merupakan buah yang memiliki sifat asam yang rendah, dan basa yang tinggi. Ini karena melon mengandung mineral berupa magnesium yang bersifat basa.

Magnesium adalah salah satu bahan utama yang banyak ditemukan dalam antasida, yakni obat yang biasanya jadi resep dokter untuk penderita maag.

4. Putih Telur

Kuning telur mengandung lemak tinggi yang dapat memicu gejala asam lambung. Namun berbeda halnya dengan kandungan putih telur.

Putih telur menjadi opsi makanan yang bisa dikonsumsi penderita maag, karena lemak yang lebih rendah. Lebih sehat lagi jika cara masaknya direbus.

5. Sayuran Hijau


Sayuran hijau dapat mengurangi peningkatan asam lambung. Sayuran seperti bayam, kangkung, hingga sawi juga mengandung gizi yang padat.

Obat Maag yang Disarankan

Jika gejala maag semakin parah, makanan saja tidak cukup. Anda perlu mengonsumsi obat dengan kandungan tertentu. Jangan lupa untuk selalu sesuaikan obat sesuai resep dokter.

1. Antasida

Antacid atau antasida berfungsi untuk menetralkan asam lambung. Kandungan utama obat antasida adalah kalsium karbonat atau natrium karbonat.

Antasida sebaiknya diminum setelah makan karena efeknya akan bertahan lebih lama.

2. Antagonis H2

Gangguan pada otot yang membatasi lambung dan kerongkongan juga bisa menyebabkan naiknya asam lambung ke atas dan menyebabkan terjadinya GERD. Antagonis H2 akan mengurangi produksi asam lambung dengan menghambat kerja reseptor histamine 2 yang ada di dinding lambung.

3. Proton pump inhibitor (PPI)

Proton pump inhibitor (PPI) adalah golongan obat yang bekerja langsung pada sel-sel lambung untuk menurunkan produksi asam. Ada lima jenis obat yang termasuk dalam golongan ini, yaitu omeprazol, lansoprazol, rabeprazol, pantoprazol, dan esomeprazol.

4. Antibiotik

Salah satu penyebab sakit maag yaitu infeksi bakteri Helicobacter pylori (H. pylori) pada dinding lambung. Ketika jumlahnya tidak terkendali, bakteri ini akan menginfeksi.

Untuk membunuh bakteri, Anda bisa mengonsumsi antibiotik, seperti amoxicillin, clarithromycin, metronidazole, tetracycline, atau tinidazole.

KFTD Mendistribusikan Produk Obat Maag

Kimia Farma Trading and Distribution (KFTD) menjual sejumlah produk obat maag, seperti antasida dan magasida. Anda bisa memesan produk dalam jumlah satuan di Aplikasi Mediv.

Sedangkan jika ingin membeli dalam jumlah banyak untuk kebutuhan outlet, Anda bisa menghubungi Kantor Cabang KFTD terdekat.

Content Writer: Rida Ayu
Graphic Design: Ayuni Widya K